The Garden Suites Solo, Hotel Budget Bonus Instagramable!

`Kota Solo yang punya banyak potensi wisata, menyediakan beragam hotel yang dapat kita pilih sesuai tujuan kita. Ada yang memang tujuannya menginap di hotel mewah, tapi ada juga yang sensitif soal harga. Biasanya hotel yang lokasinya strategis, desainnya keren, kamarnya asyik, pastilah harganya bakal di atas rata-rata. Tapi ternyata gak semua, lho! Buktinya ada di The Garden Suites Solo. Hotel ini terhitung hotel budget atau hotel dengan harga terjangkau. Sudah kamarnya nyaman banget, lokasi strategis, desainnya cakep, plus instagram-able pula!

Resto unik yang ada di depan hotel The Garden Suites Solo
Resto unik yang ada di depan hotel The Garden Suites Solo. Ini cakep banget kalau buat foto-foto.

Kala itu saya dan beberapa teman baru saja pulang dari gathering dosen Udinus Semarang yang diadakan di Telaga Sarangan, Magetan Jawa Timur. Setelah acara selesai, yang lain pilih langsung pulang ke Semarang, saya memutuskan untuk mengeksplor kuliner Solo. Meskipun Senin sudah harus mengajar kembali, tapi lumayan kan ada waktu sehari untuk kulineran di Solo? Dan karena tujuannya bukan untuk menginap cantik di hotel, maka pilihannya adalah hotel budget yang dekat dengan tempat-tempat kuliner di Solo. Kalau perlu ada wifi yang larinya kenceng, karena saya harus mengerjakan beberapa pekerjaan dari klien. Cari sana, cari sini, akhirnya nemu-lah nama The Garden Suites Hotel.

Baca juga: 9 Hal yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan

Butik klasik yang ada di depan sebelah kiri hotel The Garden Suites Solo
Butik ini ornamen dari luarnya lucu-lucu deh. Adanya di depan hotel The Garden Suites Solo

Dari pom bensin Manahan Solo yang bersebelahan denggan CafΓ© Point 9 (tempat saya turun sepulang dari Telaga Sarangan), butuh waktu sekitar 5-10 menit saja menuju ke The Garden Suites Solo dengan mengendarai taxi online. Bayarnya juga hanya sekitar Rp 15.000,- saja. Begitu sampai, kami diturunkan tepat di parkiran mobil dari sebuah bangunan yang berada di pinggir jalan. Karena memang, lokasi The Garden Suites ini persis di pinggir jalan raya atau tepatnya di Jl. Dr. Rajiman no. 333, Panularan, Laweyan, Solo. Kalau ke pusat kota, jaraknya tak terlalu jauh. Ke tempat-tempat kuliner Solo juga terhitung dekat. Apalagi kalau mau ke Kampung Batik Laweya, jaraknya dekat sekali.

Suasana homey nan teduh di sekitar Hotel The Garden Suites Solo
Suasana homey nan teduh di sekitar Hotel The Garden Suites Solo

Begitu masuk ke area di dalam Hotel The Garden Suites, saya merasakan suasana yang asri, homey dan teduh. Di depan hotel ada 2 bangunan rumah klasik yang berdiri sejajar. Bangunan yang satu berupa restoran ‘Garden Resto’dan yang lainnya lagi berupa butik ‘Erna Boutique’. Di antara kedua bangunan tadi ada jalan kecil semacam lorong yang dipenuhi dengan tanaman yang berwarna hijau. Untuk reservasi di meja resepsionis hotel, kita harus melewati lorong ini. Agak Pe-eR ya, kalau harus lewat situ pas restoran lagi penuh, karena restoran kan berada di sebelah kanan lorong masuk? Tapi buat yang suka atau merindukan dilihatin orang lain sih, rasanya gak masalah. Justru malah kesempatan bagus bukan? Hehehe…

Baca juga: Concorde Hotel Kuala Lumpur

Lorong menuju reservasi The Garden Suites Solo
Lorong asri menuju reservasi The Garden Suites Solo

The Garden Suites Solo yang mengusung konsep boutique hotel ini terkesan unik. Bangunannya klasik dan hampir semua furniture-nya terbuat dari kayu. Suasananya cozy, meski berlokasi persis di pinggir jalan raya. Karena hotel ini memadukan hunian, cafΓ©/resto, dan kebun atau garden yang asri. Kesannya jadi homey banget. Dan yang lebih penting lagi, hampir di setiap sudut hotel ini instragamable banget. Banyak banget spot-spot foto yang keren yang bisa kita unggah di akun instagram kita masing-masing. Mau di depan hotel, di tengah-tengah, di tempat reservasi, bahkan di depan lift-pun ada spot yang lucu. Di depan lift ada ornament kupu-kupu yang berwarna keemasan yang beterbangan di atas pohon hiasan.

Hampir semua furniture di The Garden Suites Hotel terbuat dari kayu
Hampir semua furniture di The Garden Suites Hotel terbuat dari kayu dengan desain yang unik

Saat reservasi, petugas di front office juga termasuk cukup ramah, meskipun terhitung cukup lama dalam menangani tamu yang akan melakukan reservasi kamar. Begitu pula saat saya membutuhkan sesuatu untuk diantar ke kamar hotel. Petugasnya mengantarkan dengan peuh sapa dan keramahan, meskipun saya harus menunggu agak lama. Tapi karena mengingat tujuan saya ke Solo untuk eksplor kuliner-nya, tetap saja The Garden Suites Solo ini merupakan salah satu pilihan terbaik. Karena jaraknya dekat dengan pusat jajanan enak di Solo.

Baca juga: Warung Tengkleng Yu Tentrem Solo

Ruangan di kamar The Garden Suites Solo cukup luas dan kasurnya empuk banget!
Ruangan di kamar The Garden Suites Solo cukup luas dan kasurnya empuk banget!

Untuk kamar, The Garden Suites Solo memang tidak menyediakannya dalam jumlah banyak. Hanya sekitar 20-an kamar saja yang tersedia bagi tamu. Namun justru itulah yang membuat suasana jadi lebih nyaman dan tidak terlalu berisik. Dan yang lebih menyenangkan lagi, dengan harga yang terjangkau kita bisa tetap mendapatkan ruangan kamar yang lapang. Masih ditambah dengan bed yang tingkat keempukannya warbiyasak. Belum lagi untuk yang suka bawa banyak peralatan elektronik atau gadget. Gak perlu kuatir. Gakk perlu pakai T listrik. Karena di kamar hotel, tersedia colokan listrik di berbagai tempat. Di sebelah kamar ada, di dekat TV ada, juga di dalam kamar mandi. Selain itu, wifi di hotel itu terhitung memiliki kecepatan yang lumayan. Saya bahkan bisa men-down-load ratusan foto dengan mudah. Begitu juga ketika harus mengirim file ke klien melalui email. Lumayan cepat kok.

Ini pemandangan cantik di The Garden SUites Hotel yang akan kita temui saat lift terbuka
Ini pemandangan cantik di The Garden SUites Hotel yang akan kita temui saat lift terbuka

Kalaupun ada yang kurang dari The Garden Suites Solo, yaitu menu sarapannya yang kurang bervariasi. Menu yang tersedia hanya nasi goreng. Meskipun rasanya lumayan. Terus minuman yang tersedia hanya teh dan kopi saja. Selain itu, bagi yang bawa mobil, hati-hati kalau pas week-end. Siapa tahu bisa gak dapat parkir. Karena luas parkir mobil di hotel ini terbatas, hanya bisa menampung sekitar 8-10 mobil saja. Jika pengunjung resto pas kebetulan agak banyak, susah pasti bisa dapat parkir. Kalau soal tidak tersedianya kolam renang, tidak menjadi masalah. Bisa diganti kok dengan foto-foto di sudut-sudut hotel yang sangat instagram-abel.

***

The Garden Suites Solo
Jl. Dr. Rajiman No. 333,
Panularan, Laweyan, Solo
Telp. 0271. 7463445

2 comments

  1. Wah,, arsitekturnya jawa banget ya mbak.
    Btw, mbak udah pesen sebelumnya ya? Pake app macam traveloka atau tiketdot com? Atau pake airbnb?

    Btw, salam kenal ya mbak. Aku Dini, orang Semarang juga πŸ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*