10 Aplikasi Booking Hotel dan Cara Memesan Hotel Yang Tepat

Ada banyak pilihan hotel atau tempat menginap saat kita traveling. Ada banyak pertimbangan yang kita gunakan untuk memilih hotel. Bisa karena fasilitasnya yang lengkap, bisa karena harganya yang murah, bisa karena lokasinya yang dekat dengan keramaian kota, dan sebagainya. Nah, sekarang sudah banyak sekali aplikasi booking hotel yang bisa kita gunakan untuk mempermudah kita memilih hotel.

Hal pertama yang biasanya saya lakukan ketika akan memesan hotel adalah membuka salah satu aplikasi booking hotel yang terpasang di handphone saya. Setelah aplikasi terbuka, saya akan langsung mengetikkan nama kota yang menjadi tujuan dan tanggal atau berapa hari saya akan menginap. Sesederhana itu.

Setelahnya, saya akan menggunakan fasilitas filter yang biasanya disediakan di setiap aplikasi pemilihan hotel. Filter itu bisa berupa kisaran harga yang saya inginkan, rating bintang dari hotel tersebut, seberapa jauh lokasinya dari pusat kota, dan fasilitas-fasilitas lainnya seperti wifi, kolam renang, breakfast dan lain-lain.

Dari hasil memfilter dan menyortir sana-sini, maka hasilnya akan mengerucut menjadi 2-3 hotel saja. Jika sudah menemukan beberapa hotel yang sesuai kriteria yang saya tetapkan sendiri, langkah selanjutnya adalah membaca review-review dari mereka yang pernah menginap di hotel tersebut.

Kalau belum mantap juga, biasanya saya akan membandingkan hotel-hotel tersebut di aplikasi pemesanan hotel yang lain. Kadang dengan hotel yang sama, saya mendapatkan harga yang berbeda di aplikasi yang berbeda.

Saya pernah mendapatkan harga hotel yang lebih murah di Traveloka dibanding di Pegi-pegi saat memesan hotel di Makassar. Sebaliknya, saat menginap di Tuban, saya mendapatkan harga yang lebih murah di Pegi-pegi dibanding di Traveloka.

 

Rekomendasi aplikasi booking hotel menurut astinsoekanto.com

Memang, jika ingin mendapatkan hotel yang tepat dan murah, kita butuh kerja sedikit ekstra. Makanya, jangan lelah untuk membuka aplikasi-aplikasi pemesanan hotel yang terpasang di smartphone.

Inilah daftar rekomendasi 10 aplikasi pemesanan hotel yang wajib terpasang di smartphone kamu:

  1. Traveloka

    Siapa sih yang di HP-nya gak terpasang aplikasi Traveloka? Rasanya gak ada deh. Karena memang Traveloka ini menjadi aplikasi booking hotel termurah se-Indonesia Raya. Selain itu, Traveloka juga memiliki data hotel yang lumayan lengkap.

    Cara pengoperasiannya juga sangat mudah dan metode pembayarannya-pun bervariasi. Bisa menggunakan visa, mastercard, klikpay, transfer manual dan masih banyak cara lainya. Tak heran jika para traveler mem-favoritkan aplikasi ini.

  2. Pegi-pegi

    Aplikasi Pegi-pegi terpasang di HP saya karena pas saya butuh pesen hotel, pas dapat diskon yang gede. Pernah suatu kali saya dapat diskon sampai 40%, padahal hotelnya bagus banget! Semacam dapat durian runtuh!

    Selain sering memberikan diskon, aplikasi ini juga memiliki daftar hotel yang beragam dan menarik yang dipilih sesuai minat dan kebutuhan. Menurut saya, penggunaan aplikasi booking hotel yang satu ini sangat mudah dipahami, bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

  3. Trip Advisor

    Kalau review pengunjung hotel menempati posisi penting dalam acara travelingmu, pastikan mengunggah aplikasi Trip Advisor. Aplikasi booking hotel ini memiliki banyak fitur menarik yang membantumu memilih hotel yang tepat, Fitur-fitur itu antara lain: foto, ulasan, dan alamat hotel yang menarik untuk anda kunjungi. Di aplikasi ini tersedia lebih 250 juta ulasan dan opini para traveler yang pernah menginap di hotel yang mereka kunjungi.

  4. Agoda

    Berbeda dengan aplikasi-aplikasi booking hotel lainnya, aplikasi Agoda lebih memfokuskan dirinya pada fasilitas perjalanan atau liburan. Seperti misalnya: tiket pesawat, penginapan, transportasi bandara, dan aktivitas liburan seperti misalnya diskon tiket masuk ke tempat wisata.

    Aplikasi ini menyediakan banyak sekali ragam hotel dengan beberapa kriteria. Cara pengoperasian aplikasi ini juga bisa dikategorikan user friendly.

  5. Trivago

    Aplikasi yang satu ini melayani pemesanan hotel dan villa yang kelas dan harganya beragam. Uniknya, di sisi kanan bawah setiap hotel yang ditawarkan, akan selalu ada kolom “penawaran” yang kalau diklik bisa langsung memberikan informasi berapa kita lebih irit kita memesan hotel di Trivago dibanding pesan di aplikasi lain dan langsung pula ngelink ke aplikasi lain tersebut. Fasilitas extra yang tersedia di aplikasi ini juga termasuk lebih lengkap dibanding yang lainnya.

  6. Nusatrip

    No hidden costs! Tidak ada biaya tambahan. Itulah semboyan dari aplikasi Nusatrip.

    Meskipun demikian, aplikasi pemesanan hotel ini memiliki daftar hotel yang masih terbatas untuk wilayah seluruh pelosok Indonesia. Ketika saya mengetik kota Tuban – Jawa Timur, tidak ada data yang keluar di mesin pencarian aplikasi ini.

  7. Booking.com

    Ketika saya mencari hotel di Tuban Jawa Timur, aplikasi Booking.com menyajikan 8 hotel yang bisa saya pilih, dari kisaran harga Rp 360.000,- s/d Rp 1.230.560,- Lalu ketika saya mengklik salah satu hotel yang ditawarkan, dari situ muncul beragam informasi. Seperti misalnya: foto-foto, peta lokasi, jarak dari pusat kota, ada 57 pengunjung yang memberikan review, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan sebagainya.

    Lengkap! Jadi pastikan smartphone kamu sudah terpasang aplikasi ini ya!

  8. Klikhotel

    Sejujurnya saya baru sekali saja menggunakan aplikasi Klikhotel ini. Pas ada acara di Cirebon. Kebetulan pas dapat harga yang bagus dibanding aplikasi-aplikasi booking hotel lainnya. Tapi setelahnya tak ada harga bagus lagi. Coba kalau ada, saya pasti pakai lagi. Hehehe… Aplikasi ini tampilannya sederhana dan mudah pengoperasiannya.

  9. MisterAladin

    Aplikasi MisterAladin sepertinya paling pas digunakan bagi mereka yang suka solo traveling, karena salah satu fasilitas yang dimiliki aplikasi ini adalah personal assistant yang siap melayani pertanyaan dan kebutuhan pemakai aplikasi ini melalui chat. Dengan memakai fasilitas ini, para solo traveler berasa punya teman untuk berdiskusi terkait kebutuhannya selama traveling.

  10. Airbnb

    Aplikasi Airbnb ini sebenarnya lebih merupakan aplikasi pemesanan rumah/apartemen dibanding hotel. Biasanya sangat membantu ketika kita traveling ke luar negeri. Selain harganya lebih murah dibanding hotel, kita juga bisa bertanya-tanya lebih detil ke si pemilik rumah/apartemen.

    Seperti misalnya: apakah lokasinya dekat dengan terminal bus, atau apakah suasananya cukup tenang untuk kita tinggali, atau apakah kita bisa menggunakan dapurnya untuk memasak dan sebagainya.

    BTW, kamu bisa mendapatkan kredit cashback promo airbnb bagi pengguna pertama kali.

Writer. Lecturer. Travel Blogger. Broadcaster

Related Posts

Leave a Reply