Selalu Ada Cara Untuk Mencintai Indonesia

travel bloger indonesiaSebagai seorang traveler Indonesia, kita pasti akan dengan senang hati dan rela ‘mempromosikan’ destinasi-destinasi wisata yang ada di negara kita ini. Melalui berbagai media, kita meluangkan waktu untuk menuliskan kisah dan keindahan tempat-tempat yang pernah kita kunjungi. Malalui tangan dan pena para traveler Indonesia, pembaca diajak untuk menikmati dan mengagumi keindahan dari tempat atau destinasi yang dikunjunginya.

Harapannya, akan semakin banyak negara di dunia yang menghargai kekayaan negeri kita. Sayapun demikian. Sebagai seorang pecinta seni, sejarah, budaya dan museum, saya berusaha menuliskan kisah perjalanan saya dengan harapan semakin banyak orang (baik di negara kita sendiri maupun negara lain) yang mengenal keragaman yang ada di negeri ini. Dengan harapan, setelah mengenal, kemudian, menghargai, lalu pada akhirnya kitapun menjadi sadar untuk kemudian bersama-sama menjaga kelestarian seni dan budaya negeri ini.

Sejarah telah mencatat bahwa prestasi besar atau hal-hal besar yang pernah ditorehkan peradaban dunia, selalu dikerjakan secara bersama-sama. Tak pernah ada sukses yang diraih sendirian. Gustav Eiffel pasti tak sendirian membuat menara Eiffel. Kaisar Tiongkok (China) juga pastinya tidak sendirian membangun Tembok Raksasa China. Begitu pula kapal raksasa Titanic yang dibiayai oleh JP Morgan.

Atas dasar itulah saya memutuskan untuk bergabung di dalam sebuah komunitas. Sebuah komunitas yang bisa menjembatani cita-cita saya itu. Komunitas itu bernama Travel Bloggers Indonesia. Membaca beberapa blog yang tergabung dalam komunitas ini, saya menyimpulkan bahwa member yang tergabung memiliki beraneka genre. Maksud saya, ada yang minatnya pada wisata pegunungan, wisata laut, wisata kuliner, dan wisata favorit saya, yaitu budaya. Saya kira, kita masing-masing menjadi bisa berkontribusi lebih. Bukankah bersama-sama selalu lebih baik daripada sendirian? Apalagi sebagai mahluk social, kita selalu butuh orang lain untuk mewujudkan impian atau cita-cita kita.

Saya yakin, saya bisa belajar akan banyak hal dengan bergabung di komunitas Travel Bloggers Indonesia.




Reply